Ads 468x60px

Selasa, 24 April 2012

Group, Hypergraph dan Pivot Point – Tutorial Maya 6 (Bagian 5)

Ketika perlu memanipulasi beberapa obyek sekaligus, maka Anda bisa mengelompokkan obyek-obyek itu menjadi sebuah group. Dengan demikian Anda dapat memanipulasinya sebagai satu kesatuan. Ketika obyek-obyek dikelompokkan menjadi sebuah group, terciptalah suatu hirarki. 

Hirarki merupakan kumpulan dari node-node atau obyek-obyek yang saling terhubung bersama membentuk kesatuan untuk beberapa pemakaian. Hirarki bermanfaat untuk menjelaskan bagaimana cara obyek-obyek didalamnya berbagi karakteristik atau atribut yang sama. Misalnya pemindahan, pemutaran serta penskalaan.

Hypergraph merupakan jendela yang memperlihatkan bagaimana node-node dan koneksi-koneksinya teroganisir. Anda bisa melihat hirarki obyek serta saling-ketergantungannya didalam hypergraph. Gunakanlah hypergraph untuk melihat apakah yang terjadi ketika Anda mengelompokkan obyek-obyek.

Untuk menampilkan jendela hypergraph, klik tab General, lalu klik ikon Hypergraph.

Ikon Hypergraph
Ikon Hypergraph



Jendela Hypergraph akan ditampakkan. Setiap kotak didalam jendela tersebut mewakili obyek-obyek yang ada. Untuk memilih obyek, klik kotak didalam jendela Hypergraph tersebut.

Jendela Hypergraph
Jendela Hypergraph


Didalam Hypergraph, klik obyek pCube1, tahan SHIFT, dan kemudian klik secara berturut-turut obyek pCylinder3, pCube2 dan nurbsSphere1. Maka obyek-obyek tersebut akan terpilih.

Memilih obyek dalam hypergraph
Memilih Obyek dalam Hypergraph


Untuk mengelompokkan obyek-obyek yang telah terpilih tersebut, klik menu Edit, dan kemudian pilih perintah Group.

Menu Perintah Group
Menu Perintah Group


Terbentuk hirarki group1 obyek didalam Hypergraph.

Group Dalam Hypergraph
Group Didalam Hypergraph


Pilih group1 didalam hypergraph untuk memilih obyek pilar, dan kemudian untuk sementara lakukan minimize terhadap jendela Hypergraph. Sekarang atur panel dalam pandangan atas (top) saja. Hal ini akan mempermudah menggeser obyek pilar ke posisi baru. Klik manipulator Move Tool.

Posisi Baru Pilar
Posisi Baru Pilar


Drag node kontrol biru dan node kontrol merah secara bergantian sehingga dicapai posisi baru yang diinginkan.

Pilar pada Posisi Baru
Pilar Pada Posisi Baru


Kembalikan panel dalam 4 pandangan untuk memeriksa hasilnya.

Pilar dalam empat Pandangan
Pilar dalam Empat Pandangan


Dalam keadaan obyek pilar masih terpilih, bukalah jendela dialog Duplicate Options (Klik menu Edit, tunjuk perintah Duplicate, dan kemudian klik ). Pada jendela dialog yang diperlihatkan, klik menu Edit, lalu pilih Reset Settings. Hal ini akan mengembalikan opsi-opsi yang terdapat didalam jendela dialog tersebut ke nilai default. Akhirnya, klik tombol Duplicate.

Menu Reset Setting
Menu Reset Setting


Perhatikan jendela Hypergraph, maka akan terlihat terbentuknya group2 sebagai salinan dari group1. Saat ini group2 dalam keadaan terpilih.

Duplikasi Group
Duplikasi Group dalam Hypergraph


Minimalkan kembali jendela Hypergraph, kemudian aturlah panel dalam pandangan atas (top) saja. Klik manipulator Move Tool, kemudian drag node kontrol merah ke arah kanan guna menempatkan pilar duplikat pada posisinya.

Pemindahan Duplikat Group
Pemindahan Duplikat Group


Hasil duplikasi obyek pilar akan tampak sebagai berikut:

Hasil Duplikasi Group dalam Empat Pandangan
Hasil Duplikasi Group dalam Empat Pandangan


Selanjutnya kedua pilar itu dikelompokkan menjadi sebuah group. Bukalah kembali jendela hypergraph, klik group1, tahan SHIFT, dan kemudian klik group2. Tekan ctrl+g untuk menjadikan keduanya group baru, yakni group3.

Pengelompokan Group-Group
Pengelompokan Group-Group


Setiap obyek maupun group obyek memiki pivot point, yaitu suatu posisi tertentu didalam ruang 3 dimensi yang digunakan sebagai acuan untuk transformasi obyek. Ketika Anda membuat group obyek, sebuah node baru yang disebut parent node (node induk) terbentuk untuk group obyek itu. Pivot point untuk node induk group terletak pada origin (0, 0, 0). Hal ini bermanfaat kelak ketika Anda ingin menduplikasi dan memutar obyek secara melingkar. Anda akan melakukan hal ini untuk menghasilkan pilar-pilar lainnya.


Pastikan group3 masih dalam keadaan terpilih, dan tentukan layout dalam pandangan atas (top) saja. Bukalah jendela Duplicate Options, dan kemudian lakukan reset setting terlebih dahulu untuk mengembalikan setelan ke nilai-nilai default.

Masukkan nilai 90 pada kolom Rotate Y, dan nilai 3 pada kolom Number of Copies. Setelah itu klik tombol Duplicate.

Opsi-Opsi Duplikasi Obyek
Opsi-Opsi Duplikasi Obyek


Hasilnya akan tampak seperti ini: Atau jika dilihat dalam 4 pandangan sekaligus akan tampak sebagai berikut:

Hasil Duplikasi Serempak
Hasil Duplikasi Serempak


Sedangkan hirarki pada jendela Hypergraph tampak seperti ini: Wah, sampai disini rupanya persoalan makin kompleks. Tapi tak masalah, hasil yang kita peroleh pun sesuai dengan kerja keras yang telah kita lakukan. Saya sarankan Anda untuk menguasai dengan baik bagian kelima ini sebelum lanjut ke bagian berikutnya. Selamat belajar dan bertemu lagi pada pelajaran berikutnya!

0 komentar: